Senin, 20 Februari 2017

BAB II

BAB II
KONDISI NYATA SEKOLAH MAGANG

A.  Kondisi Sekolah Sendiri (SDN Cimayang 01)
SDN Cimayang 01 berlokasi di Kp Cimayang Pasar Desa Cimayang Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat, yang dibangun pada tahun 1969 di atas lahan seluas 1.500 m2. Adapun Visi, Misi dan Tujuan Pendidikan di SDN Cimayang 01 sebagai berikut
1.    Visi
Terbentuk Sekolah berkwalitas dengan pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang dilandasi iman dan taqwa

2.    Misi
  1. Mewujudkan tercapainya peningkatan mutu pendidikan dasar.
  2. Memacu tumbuhkembangnya kinerja Profesional.
  3. Memberdayakan standar pelayanan minimal Sekolah Dasar.
  4. Mengembangkan wawasan ilmu dan teknologi sesuai perkembangan jaman
  5. Memperkokoh keimanan dan ketaqwaan Kepada Tuhan yang Maha Esa.

3.    Tujuan Pendidikan

1.   Gambaran Umum
SDN Cimayang 01 dengan Nomor Statistik Sekolah (NSS) 101020217018, NPSN 20201796, alamat Kp Cimayang Pasar Desa Cimayang Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat, tahun pendirian 1968 luas tanah 1.500 m2, status negeri, status dalam gugus SD inti, nilai akreditasi A.
Jumlah sisiwa dalam 3 (Tiga)  tahun ajaran terakhir, tahun 2014-2015 kelas I : L:19 siswa P:15 siswa jumlah 34 siswa, kelas II : L:21 siswa P:17 siswa jumlah 38 siswa, kelas III : L:25 siswa P:27 siswa jumlah 52 siswa, kelas IV : L:31 siswa P:24 siswa jumlah 55 siswa, kelas V : L:13 siswa P:19 siswa jumlah 32 siswa, kelas VI : L:25 siswa P:35 siswa jumlah 60 siswa, jumlah keseluruhan L :134  siswa P : 137 siswa jumlah 271 siswa.
Tahun 2015-2016 kelas I : L:18 siswa  P:27 siswa jumlah 45 siswa, kelas II : L:18 siswa P:15 siswa jumlah 33 siswa, kelas III : L:23 siswa P:19 siswa jumlah 42 siswa, kelas IV : L:25 siswa P:26 siswa jumlah 51 siswa, kelas V : L:30 siswa P:24 siswa jumlah 54 siswa, kelas VI : L:14 siswa P:19 siswa jumlah 33 siswa, jumlah keseluruhan L : 128 siswa P : 130 siswa jumlah 258 siswa.
Tahun 2016-2017 kelas I : L:26 siswa P:19 siswa jumlah 45 siswa, kelas II : L:18 siswa P:24 siswa jumlah 42 siswa, kelas III : L:18 siswa P:16 siswa jumlah 34 siswa, kelas IV : L:24 siswa P:17 siswa jumlah 41 siswa, kelas V : L:21 siswa P:26 siswa jumlah 47 siswa, kelas VI : L:28 siswa P:24 siswa jumlah 52 siswa, jumlah keseluruhan L : 135 siswa P : 126 siswa jumlah 261 siswa.







Data pendidik dan tenaga kependidikan SDN Cimayang 01 :
No
Nama
JK
NIP
NUPTK
Tempat, Tgl Lahir
Pangkat/Gol
Jabatan
1
Hj, N. Endoh
P
196103151984102001
5647739641300062
Bogor, 15/03/1961
Pembina, IV/a
Kepala Sekolah
2
Hj. Tati Asriwiyati
P
196310281984102003
1360741643300063
Bogor, 28/10/1963
Pembina, IV/a
Guru Kelas
3
Endang
L
196406141986101002
4946742646200022
Bogor, 14/06/1964
Pembina, IV/a
Guru Kelas
4
Sukidah
P
197001121996062001
5444748650300082
Kulonprogo, 12/01/1970
Pembina, IV/a
Guru Kelas
5
Hj. Ikoh
P
197204072006042006
8739750652300062
Bogor, 07/04/1972
Penata Muda, III/a
Guru Kelas
6
Fegi Friska E. P.
P
198601162011012001
6448764664300012
Bogor, 16/01/1986
Pengatur, II/C
Guru Kelas
7
Loucy Dey Gratya
P

9552763664300023
Bogor, 20/12/1985
-
Guru Kelas
8
Egi Mayangsari
P

9137762664300043
Bogor, 05/08/1984
-
Guru MP
9
Fajri Bayu Sukma
L

3544764666200022
Bogor, 12/02/1986
-
Guru Kelas
10
Munawati
P

1248760662300053
Bogor, 16/09/1982
-
Guru MP
11
Mardiansyah Imanudin
L


Bogor, 24/03/1995
-
Guru MP

Jumlah rombongan belajar kelas I : 1 rombel, kelas II : 1 rombel, kelas III : 1 rombel, kelas IV : 1 rombel, kelas V : 1 rombel kelas VI : 1 rombel.


Data prasarana :  Ruang kelas I : 1 ruangan ukuran 7 x 7 m2 kondisi baik status kepemilikan milik. Ruang kelas II : 1 ruangan ukuran 7 x 7 m2 kondisi  baik status kepemilikan milik. Ruang kelas III : 1 ruangan ukuran 7 x 7 m2 kondisi baik status kepemilikan milik. Ruang kelas IV : 1 ruangan ukuran 7 x 7 m2 kondisi  baik status   kepemilikan  milik. Ruang kelas V : 1 ruangan ukuran 7 x 7  m2 kondisi baik status kepemilikan milik. Ruang kelas VI : 1 ruangan ukuran 7 x 7 m2 kondisi baik status kepemilikan milik. Ruang kepala sekolah 1 ruangan ukuran 2,5 x 4,5 m2 kondisi baik status kepemilikan milik. Ruang guru 1 ruangan ukuran 5 x 7 m2 kondisi baik status kepemilikan milik. Ruang perpustakaan 1 ruangan ukuran 8 x 8 m2 kondisi baik status kepemilikan milik. WC guru 2 ruangan ukuran 3 x 2 m2, kondisi baik status kepemilikan milik. WC siswa laki-laki 1 ruangan ukuran 2 x 1,5 m2 kondisi rusak sedang status kepemilikan milik. WC siswa perempuan 1 ruangan 2 x 1,5 m2 kondisi rusak sedang.
Status kepegawaian pendidik dan tenaga kependidikan terdiri dari 6 orang PNS dan 5 orang sebagai GTT. Kualifikasi pendidikan S.1 10 orang, dan SLTA 1 orang yang sekarang sedang menempuh pendidikan S.1. Keadaan komite sekolah Daden, sekretaris Elin dan bendahara Muchlis.








TABEL GAMBARAN UMUM SDN CIMAYANG 01
a.        Identitas
Nama Sekolah
SDN Cimayang 01
NSS
101020217018
NPSN
20201796
Alamat
Kp Cimayang Pasar
Desa
Cimayang
Kecamatan
Pamijahan
Kabupaten
Bogor
Provinsi
Jawa Barat
Tahun Pendirian
1969
Luas Tanah
1.500 m2
Status
Negeri
Status Dalam Gugus
Inti
Nilai Akreditasi
A



b.        Data Siswa 3 (Tiga) Tahun Terakhir
No
Kelas
Tahun Ajaran / Jumlah Siswa
2014 – 2015
2015 – 2016
2016 – 2017
L
P
JML
L
P
JML
L
P
JML
1
I
19
15
34
18
27
45
26
19
45
2
II
21
17
48
18
15
33
18
24
42
3
III
25
27
52
23
19
42
18
16
34
4
IV
31
24
55
25
26
51
24
17
41
5
V
  13
19
32
30
24
54
21
26
47
6
VI
25
35
60
14
19
33
28
24
52
Jumlah
134
137
271
128
130
258
135
126
261
c.         Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan
No
Nama
Tempat Tanggal Lahir
L/P
NIP
Gol
Jabatan
Ket
1
Hj, N. Endoh,S.Pd.I
Bogor, 15/03/1961
P
196103151984102001
Pembina, IV/a
Kepala Sekolah
PNS
2
Hj. Tati Asriwiyati,S.Pd.I
Bogor, 28/10/1963
P
196310281984102003
Pembina, IV/a
Guru Kelas
PNS
3
Endang,S.Pd.SD
Bogor, 14/06/1964
L
196406141986101002
Pembina, IV/a
Guru Kelas
PNS
4
Sukidah,S.Pd.SD
Kulonprogo, 12/01/1970
P
197001121996062001
Pembina, IV/a
Guru Kelas
PNS
5
Hj. Ikoh,S.Pd
Bogor, 07/04/1972
P
197204072006042006
Penata Muda, III/a
Guru Kelas
PNS
6
Fegi Friska E. P.,S.Pd.SD
Bogor, 16/01/1986
P
198601162011012001
Pengatur, II/C
Guru Kelas
PNS
7
Loucy Dey Gratya,S.Pd
Bogor, 20/12/1985
P


Guru Kelas
GTT
8
Egi Mayangsari,S.Pd
Bogor, 05/08/1984
P


Guru MP
GTT
9
Fajri Bayu SukmaS.Pd.SD
Bogor, 12/02/1986
L


Guru Kelas
GTT
10
Munawati,S.Pd.I
Bogor, 16/09/1982
P


Guru MP
GTT
11
Mardiansyah Imanudin
Bogor, 24/03/1995
L


Guru MP
GTT

d.        Data Jumlah Rombongan Belajar
No
Ruang  Kelas
Jumlah Rombel
1
Ruang  Kelas I
1 Rombel
2
Ruang  Kelas II
1 Rombel
3
Ruang  Kelas III
1 Rombel
4
Ruang  Kelas IV
1 Rombel
5
Ruang  Kelas V
1 Rombel
6
Ruang  Kelas VI
1 Rombel



e.         Data Prasarana
No
Nama Prasarana
Panjang (m)
Lebar (m)
Kondisi
Status Kepemilikan
1
Ruang kelas I
7
7
Baik
Milik
2
Ruang kelas II
7
7
Baik
Milik
3
Ruang kelas III
7
7
Baik
Milik
4
Ruang kelas IV
7
7
Baik
Milik
5
Ruang kelas V
7
7
Baik
Milik
6
Ruang kelas VI
7
7
Baik
Milik
7
Ruang Kepala sekolah
2,5
4,5
Baik
Milik
8
Ruang guru
5
7
Baik
Milik
9
Ruang perpustakaan
8
8
Baik
Milik
10
WC Guru
3
2
Baik
Milik
11
WC Siswa Laki-laki
2
1,5
Rusak Sedang
Milik
12
WC Siswa Perempuan
2
1,5
Rusak Sedang
Milik
2.   Penataan 8 Standar Nasional Pendidikan
1.    Standar Isi
SDN Cimayang 01 pada tahun pelajaran 2014/2015 menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum sekolah memuat 10 mata pelajaran muatan nasional dan dua mata pelajaran muatan lokal. Alokasi waktu mata pelajaran Pendidikan Agama, IPS  masing-masing 3 jam pelajaran.  Mata pelajaran yang diujinasionalkan yaitu Bahasa Indonesia, dan   Matematika  5 Jam Pelajaran sedangkan IPA 4 jam pelajaran. Mata pelajaran PJOK dan Seni Budaya dan Ketrampilan masing-masing 4 jam pelajaran, PKn dan Mulok Masing-masing 2 Jam Pelajaran. Pengembangan diri memperoleh alokasi waktu ekuivalen dengan 2 jam pelajaran. Satu jam pelajaran setara 35 menit. Jumlah jam pelajaran perminggu 38 jam pelajaran per kelas, sehingga total jumlah jam pelajaran tatap muka sebanyak 38 jam pelajaran per rombel ´ 6 rombel =  228 jam pelajaran perminggu.

2.   Standar Proses
Silabus yang dikembangkan oleh guru-guru berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan panduan penyusunan KTSP. Kegiatan penyusunan dan pengembangkan silabus dilakukan secara mandiri atau berkelompok oleh guru-guru di  sekolah sendiri. Diakui bahwa silabus yang dikembangkan oleh guru-guru belum sepenuhnya berasal dari hasil pemikiran sendiri namun sebahagian masih mencontoh silabus dari sekolah-sekolah lain dengan beberapa perbaikan-perbaikan. Kegiatan pembelajaran yang dirancang dalam silabus belum membagi ke dalam bentuk tatap muka (TM), penugasan terstruktur (PT) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT).
Guru-guru memiliki rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran baik mata pelajaran muatan nasional ataupun mata pelajaran muatan lokal. Seperti halnya dengan silabus, kegiatan penyusunan RPP juga dilakukan oleh guru-guru secara mandiri. RPP yang disusun guru sebahagian masih meng-copy paste RPP sekolah lain dengan beberapa perubahan-perubahan. Namun ada juga beberapa guru yang telah menyusun RPP berdasarkan hasil pemikiran sendiri dengan memperhatikan lingkungan sekolah atau siswa, nilai-nilai, dan norma-norma yang ada dalam masyarakat. Metode pembelajaran yang dirancang guru-guru dalam silabus dan RPP sebagian sudah menggunakan metode yang aktif, inspiratif, kreatif, menyenangkan,   menantang dan memotivasi siswa.

3.    Standar Kompetensi Lulusan
Perolehan nilai ujian sekolah/madrasah (US/M) tahun pelajaran 2015/2016 untuk masing-masing mata pelajaran memenuhi Standar kelulusan. Rata-rata nilai ujian sekolah/madrasah (US/M) untuk masing-masing mata pelajaran Bahasa Indonesia 80, Matematika 85, Ilmu Pengetahuan Alam 76 Untuk setiap mata pelajaran dapat dikatakan bahwa siswa sudah mencapai target yang ditetapkan SKL, dilihat dari tingkat kelulusan siswa 100% berhasil dan melanjutkan tingkat sekolah berikutnya.

4.   Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Berdasarkan peraturan pemerintah nomor 74 tahun 2008 yang mengisyaratkan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompentensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Status kepegawaian pendidik dan tenaga kependidikan di SDN Cimayang 01 terdiri dari 6 orang PNS dan 5 orang sebagai GTT. Kualifikasi pendidikan S.1 10 orang,  dan SLTA 1 orang yang sekarang sedang menempuh pendidikan S.1.

5.    Standar Sarana dan Prasarana
SDN Cimayang 01 memiliki luas lahan 1.500 m2 dengan jumlah ruang kelas yang digunakan sebagai tempat proses belajar mengajar sebanyak 6 ruang kelas dengan ukuran masing-masing 7 x 7 m2 per ruang kelas. Setiap ruang kelas masing-masing memiliki satu white board sebagai papan tulis, satu meja dan kursi guru, satu lemari, masing-masing satu kursi untuk setiap siswa dan satu bangku untuk dua siswa, memiliki prasaran lainnya seperti sapu, pengepel, tempat sampah, jam dinding dan sebagainya untuk kelengkapan ruang kelas.
Ruang guru berukuran 5 × 7 m2  memuat 10 pasang meja dan kursi guru, 1 set kursi dan meja tamu, 2 rak buku, 4 lemari buku, 1 buah jam dinding, 1 Laptop memiliki jaringan internet Wifi.
Ruang perpustakaan terdiri dari satu unit bangunan dengan ukuran (8×8) m2, meja baca berjumlah 8 dengan tempat duduk secara resehan dilantai yang diberi tikar, 2 pasang meja kursi untuk petugas perpustakaan, 12 rak buku untuk meletakan buku-buku bacaan, judul buku lebih dari 100 judul.
Ruang kepala sekolah berukuran (42,5× 4,5) m2 terdapat 1 lemari buku, 1 pasang meja dan kursi kepala sekolah, 1 set kursi tamu. Sarana dan prasana sekolah lainnya adalah  jamban (WC) guru dan siswa.

6.   Standar Pengelolaan
Rencana kerja sekolah (RKS), rencana kerja tahunan (RKT) ataupun rencana kerja jangka menengah (RKJM) disosialisasikan kepada warga sekolah. Demikian pula dengan rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS) disosialisasikan kepada warga sekolah. Sekolah sudah melakukan pengisian instrumen EDS sehingga RKS dan RKJM yang disusun berdasarkan rekomendasi EDS sudah mengelompokkan ke dalam delapan standar yaitu Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan, Standar Penilaian Pendidikan.
Kegiatan supervisi sudah dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan sehingga mudah untuk mengukur dan menilai kinerja untuk melakukan perbaikan-perbaikan terutama dalam peningkatan hasil belajar siswa.

7.   Standar Pembiayaan
Sumber keuangan sekolah masih tergantung pada bantuan pemerintah berupa dana BOS APBN dan BOS pemerintah provinsi Jawa Barat. Sekolah belum mampu untuk mencari sumber keuangan lain misalnya dengan membangun kerja sama yang saling menguntungkan dengan dunia usaha dan industri. Penyusunan RKAS melibatkan secara langsung pihak komite sekolah ataupun pemangku kepentingan yang relevan, lewat rapat dewan guru, kepala sekolah, beberapa guru dan bendahara sekolah, dengan tetap mempertimbangkan usulan-usulannya warga sekolah. Penggunaan dana sekolah dilaporkan ke UPT Pendidikan Kecamatan Pamijahan.

8.   Standar Penilaian Pendidikan
Sebagian guru sudah menyusun perencanaan penilaian berdasarkan kompetensi inti dan kompetensi dasar. KKM yang telah ditetapkan diinformasikan oleh guru kepada siswa diawal pertemuan tatap muka dan menginformasikan KKM sebelum pelaksanaan setiap ulangan harian. Guru melaksanakan penilaian melalui pelaksanaan ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, kenaikan kelas, dan ujian sekolah dengan memperhatikan prinsip-prinsip penilaian yaitu objektif, terpadu, ekonomis, transparan, akuntabel, dan edukatif. Penilaian melalui ulangan harian dilaksanakan berdasarkan rencana yang telah dibuat oleh guru.

B.  Kondisi Sekolah Magang 2 (SDN Cimayang 02)
SDN Cimayang 02 berlokasi di jln.Kapt.Dasuki Bakri Km 04 Kp.Cimayang Sari Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Adapun Visi, Misi dan Tujuan Pendidikan di SDN Cimayang 02 sebagai berikut
1.      Visi
Terwujudnya sekolah unggul baik imtaq,maupun iptek,berwawasan kebangsaan,disiplin tinggi dan tanggap terhadap lingkungan

2.      Misi
                   1.         Menumbuhkan semangat religius,kedisiplinan dan kekeluargaan pada seluruh warga sekolah
                   2.         Meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik sesuai dengan perkembangan IPTEK dan tuntutan masyarakat
                   3.         Menumbuhkan semangat patriotisme melalui peringatan hari-hari besar nasional
                   4.         Mengembangkan budaya gemar membaca rasa ingin tahu, bertoleransi , bekerja sama, saling menghargai,disiplin, jujur, kerja keras, kreatif dan mandiri
                   5.         Menciptakan lingkungan sekolah yang aman, rapi, bersih dan nyaman
                   6.         Menciptakan suasana pembelajaran yang menantang, menyenangkan, komunikatif, tanpa takut salah dan demokratis (PAIKEM)
3.      Tujuan Pendidikan

1.   Gambaran Umum
SDN Cimayang 02 dengan NPSN 20201797, alamat jln.Kapt.Dasuki Bakri Km 04 Kp.Cimayang Sari Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat, status negeri,
Jumlah sisiwa dalam 2 (Dua)  tahun ajaran terakhir, Tahun 2015-2016 kelas I : L:9 siswa  P:8 siswa jumlah 17 siswa, kelas II : L:15 siswa P:11 siswa jumlah 26 siswa, kelas III : L:7 siswa P:6 siswa jumlah 13 siswa, kelas IV : L:17 siswa P:12 siswa jumlah 29 siswa, kelas V : L:16 siswa P:7 siswa jumlah 22 siswa, kelas VI : L:20 siswa P:17 siswa jumlah 37 siswa, jumlah keseluruhan L : 84 siswa P : 61 siswa jumlah 145 siswa.
Tahun 2016-2017 kelas I : L:15 siswa P:15 siswa jumlah 30 siswa, kelas II : L:9 siswa P:8 siswa jumlah 17 siswa, kelas III : L:15 siswa P:11 siswa jumlah 26 siswa, kelas IV : L:7 siswa P:6 siswa jumlah 13 siswa, kelas V : L:17 siswa P:12 siswa jumlah 29 siswa, kelas VI : L:16 siswa P:7 siswa jumlah 23 siswa, jumlah keseluruhan L : 78 siswa P : 60 siswa jumlah 138 siswa.







Data pendidik dan tenaga kependidikan SDN Cimayang 02 :
No
Nama
JK
NIP
NUPTK
Tempat, Tgl Lahir
Pangkat/Gol
Jabatan
1
R.Egi Zamaludin
L
196609101988031004
Bogor, 10/09/1966
Pembina, IV/a
Kepala Sekolah
2
Diarsih
P
196009151982042001
Bogor, 15/09/1960
Pembina, IV/a
Guru Kelas
3
Jaelani
L
195911081984121001
Bogor, 08/11/1959
Pembina, IV/a
Guru PAI
4
Suhandi
L
196906052000031014
Bogor, 05/06/1969
Penata Muda, III/b
Guru Kelas
5
Dini Fajriati
P
Bogor, 27/07/1985
GTT
Guru Kelas
6
Ulfatullaelah
P
Bogor, 10/01/1987
GTT
Guru Kelas
7
Wahyu Kurniawan
L

Bogor, 04/02/1989
GTT
Guru Kelas
8
Ahmad Nawawi
L

Bogor, 14/02/1990
GTT
Guru PJOK
9
Gita Nitami
P

Bogor, 06/01/1996
GTT
Guru Kelas
10
Ai Suryani
P

Bogor, 17/08/1994
GTT
Guru SBK
11
M. Nurapendi
L


Bogor, 28/11/1990
GTT
Operator
12
Badrudin
P
196004071990031004
Bogor, 07/04/1960
II/a
Penjaga Sekolah

Jumlah rombongan belajar kelas I : 1 rombel, kelas II : 1 rombel, kelas III : 1 rombel, kelas IV : 1 rombel, kelas V : 1 rombel kelas VI : 1 rombel.


Data prasarana :  Ruang kelas I : 1 ruangan ukuran 7 x 7 m2 kondisi baik status kepemilikan milik. Ruang kelas II : 1 ruangan ukuran 7 x 7 m2 kondisi  baik status kepemilikan milik. Ruang kelas III : 1 ruangan ukuran 7 x 7 m2 kondisi baik status kepemilikan milik. Ruang kelas IV : 1 ruangan ukuran 7 x 7 m2 kondisi  baik status   kepemilikan  milik. Ruang kelas V : 1 ruangan ukuran 7 x 7  m2 kondisi baik status kepemilikan milik. Ruang kelas VI : 1 ruangan ukuran 7 x 7 m2 kondisi baik status kepemilikan milik. Ruang kepala sekolah 1 ruangan ukuran 2,5 x 4,5 m2 kondisi baik status kepemilikan milik. Ruang guru 1 ruangan ukuran 5 x 7 m2 kondisi baik status kepemilikan milik. WC guru 1 ruangan ukuran 1 x 1,5 m2, kondisi rusak sedang status kepemilikan milik. WC siswa laki-laki 1 ruangan ukuran 1 x 1,5 m2 kondisi baik status kepemilikan milik. WC siswa perempuan 1 ruangan 1 x 1,5 m2 kondisi baik.
Status kepegawaian pendidik dan tenaga kependidikan terdiri dari 5 orang PNS dan 7 orang sebagai GTT. Kualifikasi pendidikan S.2 2 Orang S.1 8 orang, dan SLTA 2 orang. Keadaan komite sekolah Ma’ruf, S.Pd.I, sekretaris Amir dan bendahara Lilik Setiasih.






TABEL GAMBARAN UMUM SDN CIMAYANG 02
A.    Identitas
Nama Sekolah
SDN Cimayang 02
NPSN
20201797
Alamat
Jln.Kapt.Dasuki Bakri Km.04
Desa
Cimayang Sari
Kecamatan
Pamijahan
Kabupaten
Bogor
Provinsi
Jawa Barat
Status
Negeri

B.     Data Siswa 2 (Dua) Tahun Terakhir
No
Kelas
Tahun Ajaran/Jumlah Siswa
2015 – 2016
2016 – 2017
L
P
JML
L
P
JML
1
I
9
8
17
15
15
45
2
II
15
11
26
9
8
42
3
III
7
6
13
15
11
34
4
IV
17
12
29
7
6
41
5
V
16
7
23
17
12
47
6
VI
20
17
37
16
17
52
Jumlah
84
61
145
78
60
138





C.    Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan
No
Nama
Tempat Tanggal Lahir
L/P
NIP
Gol
Jabatan
1
R.Egi Zamaludin, M.Pd
Bogor, 10/09/1966
L
196609101988031004
Pembina, IV/a
Kepala Sekolah
2
Diarsih, S.Pd.SD
Bogor, 15/09/1960
P
196009151982042001
Pembina, IV/a
Guru Kelas
3
Jaelani, S.Pd.I
Bogor, 08/11/1959
L
195911081984121001
Pembina, IV/a
Guru PAI
4
Suhandi, M.Pd
Bogor, 05/06/1969
L
196906052000031014
Penata Muda, III/b
Guru Kelas
5
Dini Fajriati, S.Pd.I
Bogor, 27/07/1985
P

GTT
Guru Kelas
6
Ulfatullaelah, S.Pd.I
Bogor, 10/01/1987
P

GTT
Guru Kelas
7
Wahyu Kurniawan, S.Pd
Bogor, 04/02/1989
L

GTT
Guru Kelas
8
Ahmad Nawawi, S.Pd.SD
Bogor, 14/02/1990
L

GTT
Guru PJOK
9
Gita Nitami
Bogor, 06/01/1996
P

GTT
Guru Kelas
10
Ai Suryani, S.Pd
Bogor, 17/08/1994
P

GTT
Guru SBK
11
M. Nurapendi, S.Pd
Bogor, 28/11/1990
L

GTT
Operator
12
Badrudin
Bogor, 07/04/1960
L
196004071990031004
II/a
Penjaga Sekolah

D.    Data Jumlah Rombongan Belajar
No
Ruang  Kelas
Jumlah Rombel
1
Ruang  Kelas I
1 Rombel
2
Ruang  Kelas II
1 Rombel
3
Ruang  Kelas III
1 Rombel
4
Ruang  Kelas IV
1 Rombel
5
Ruang  Kelas V
1 Rombel
6
Ruang  Kelas VI
1 Rombel






E.     Data Prasarana
No
Nama Prasarana
Panjang (m)
Lebar (m)
Kondisi
Status Kepemilikan
1
Ruang kelas I dan III
7
7
Baik
Milik
2
Ruang kelas II dan IV
7
7
Baik
Milik
5
Ruang kelas V dan VI
7
7
Baik
Milik
7
Ruang Kepala sekolah
2,5
4,5
Baik
Milik
8
Ruang guru
5
7
Baik
Milik
9
WC Guru
1
1,5
Rusak Sedang
Milik
11
WC Siswa Laki-laki
1
1,5
Baiki
Milik
12
WC Siswa Perempuan
1
1,5
Baik
Milik

2.      Penataan 8 Standar Nasional Pendidikan
A.  Standar Isi
SDN Cimayang 02 pada tahun pelajaran 2015/2016 menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum sekolah memuat 10 mata pelajaran muatan nasional dan dua mata pelajaran muatan lokal. Alokasi waktu mata pelajaran Pendidikan Agama, IPS  masing-masing 3 jam pelajaran.  Mata pelajaran yang diujinasionalkan yaitu Bahasa Indonesia, dan   Matematika  5 Jam Pelajaran sedangkan IPA 4 jam pelajaran. Mata pelajaran PJOK dan Seni Budaya dan Ketrampilan masing-masing 4 jam pelajaran, PKn dan Muluk Masing-masing 2 Jam Pelajaran. Pengembangan diri memperoleh alokasi waktu ekuivalen dengan 2 jam pelajaran. Satu jam pelajaran setara 35 menit. Jumlah jam pelajaran perminggu 38 jam pelajaran per kelas, sehingga total jumlah jam pelajaran tatap muka sebanyak 38 jam pelajaran per rombel ´ 6 rombel =  228 jam pelajaran perminggu.

B.  Standar Proses
Silabus yang dikembangkan oleh guru-guru berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan panduan penyusunan KTSP. Kegiatan penyusunan dan pengembangkan silabus dilakukan secara mandiri atau berkelompok oleh guru-guru di  sekolah sendiri. Diakui bahwa silabus yang dikembangkan oleh guru-guru belum sepenuhnya berasal dari hasil pemikiran sendiri namun sebahagian masih mencontoh silabus dari sekolah-sekolah lain dengan beberapa perbaikan-perbaikan. Kegiatan pembelajaran yang dirancang dalam silabus belum membagi ke dalam bentuk tatap muka (TM), penugasan terstruktur (PT) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT).
Guru-guru memiliki rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran baik mata pelajaran muatan nasional ataupun mata pelajaran muatan lokal. Seperti halnya dengan silabus, kegiatan penyusunan RPP juga dilakukan oleh guru-guru secara mandiri. RPP yang disusun guru sebahagian masih meng-copy paste RPP sekolah lain dengan beberapa perubahan-perubahan. Namun ada juga beberapa guru yang telah menyusun RPP berdasarkan hasil pemikiran sendiri dengan memperhatikan lingkungan sekolah atau siswa, nilai-nilai, dan norma-norma yang ada dalam masyarakat. Metode pembelajaran yang dirancang guru-guru dalam silabus dan RPP sebagian sudah menggunakan metode yang aktif, inspiratif, kreatif, menyenangkan,   menantang dan memotivasi siswa.

C.  Standar Kompetensi Lulusan
Perolehan nilai ujian sekolah/madrasah (US/M) tahun pelajaran 2015/2016 untuk masing-masing mata pelajaran memenuhi Standar kelulusan. Rata-rata nilai ujian sekolah/madrasah (US/M) untuk masing-masing mata pelajaran Bahasa Indonesia 78, Matematika 81, Ilmu Pengetahuan Alam 70 Untuk setiap mata pelajaran dapat dikatakan bahwa siswa sudah mencapai target yang ditetapkan SKL, dilihat dari tingkat kelulusan siswa 100% berhasil dan melanjutkan tingkat sekolah berikutnya.

D. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Berdasarkan peraturan pemerintah nomor 74 tahun 2008 yang mengisyaratkan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompentensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Status kepegawaian pendidik dan tenaga kependidikan di SDN Cimayang 02 terdiri dari 5 orang PNS dan 7 orang sebagai GTT. Kualifikasi pendidikan Sarjana 10 orang,  dan SLTA 2 orang.

E.  Standar Sarana dan Prasarana
SDN Cimayang 02 memiliki ruang kelas yang digunakan sebagai tempat proses belajar mengajar sebanyak 3 ruang kelas dengan ukuran masing-masing 7 x 7 m2 per ruang kelas. Setiap ruang kelas masing-masing memiliki satu white board sebagai papan tulis, satu meja dan kursi guru, satu lemari, masing-masing satu kursi untuk setiap siswa dan satu bangku untuk dua siswa, memiliki prasaran lainnya seperti sapu, pengepel, tempat sampah, jam dinding dan sebagainya untuk kelengkapan ruang kelas.
Ruang guru berukuran 5 × 7 m2  memuat 10 pasang meja dan kursi guru, 1 set kursi dan meja tamu, 2 rak buku, 4 lemari buku, 1 buah jam dinding.
Ruang kepala sekolah berukuran (42,5× 4,5) m2 terdapat 1 lemari buku, 1 pasang meja dan kursi kepala sekolah, 1 set kursi tamu. Sarana dan prasana sekolah lainnya adalah  jamban (WC) guru dan siswa.

F.  Standar Pengelolaan
Rencana kerja sekolah (RKS), rencana kerja tahunan (RKT) ataupun rencana kerja jangka menengah (RKJM) disosialisasikan kepada warga sekolah. Demikian pula dengan rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS) disosialisasikan kepada warga sekolah. Sekolah sudah melakukan pengisian instrumen EDS sehingga RKS dan RKJM yang disusun berdasarkan rekomendasi EDS sudah mengelompokkan ke dalam delapan standar yaitu Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan, Standar Penilaian Pendidikan.
Kegiatan supervisi sudah dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan sehingga mudah untuk mengukur dan menilai kinerja untuk melakukan perbaikan-perbaikan terutama dalam peningkatan hasil belajar siswa.

G. Standar Pembiayaan
Sumber keuangan sekolah masih tergantung pada bantuan pemerintah berupa dana BOS APBN dan BOS pemerintah provinsi Jawa Barat. Sekolah belum mampu untuk mencari sumber keuangan lain misalnya dengan membangun kerja sama yang saling menguntungkan dengan dunia usaha dan industri. Penyusunan RKAS melibatkan secara langsung pihak komite sekolah ataupun pemangku kepentingan yang relevan, lewat rapat dewan guru, kepala sekolah, beberapa guru dan bendahara sekolah, dengan tetap mempertimbangkan usulan-usulannya warga sekolah. Penggunaan dana sekolah dilaporkan ke UPT Pendidikan Kecamatan Pamijahan.

H. Standar Penilaian Pendidikan

Sebagian guru sudah menyusun perencanaan penilaian berdasarkan kompetensi inti dan kompetensi dasar. KKM yang telah ditetapkan diinformasikan oleh guru kepada siswa diawal pertemuan tatap muka dan menginformasikan KKM sebelum pelaksanaan setiap ulangan harian. Guru melaksanakan penilaian melalui pelaksanaan ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, kenaikan kelas, dan ujian sekolah dengan memperhatikan prinsip-prinsip penilaian yaitu objektif, terpadu, ekonomis, transparan, akuntabel, dan edukatif. Penilaian melalui ulangan harian dilaksanakan berdasarkan rencana yang telah dibuat oleh guru.

Tidak ada komentar: