BAB II
KONDISI NYATA SEKOLAH
MAGANG
A. Kondisi Sekolah Sendiri (SDN Cimayang 01)
SDN Cimayang 01 berlokasi di Kp
Cimayang Pasar Desa Cimayang Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor Provinsi Jawa
Barat, yang dibangun pada tahun 1969
di atas lahan seluas 1.500
m2. Adapun Visi, Misi dan Tujuan Pendidikan di SDN Cimayang 01
sebagai berikut
1.
Visi
Terbentuk
Sekolah berkwalitas dengan pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang
dilandasi iman dan taqwa
2.
Misi
- Mewujudkan tercapainya peningkatan mutu
pendidikan dasar.
- Memacu tumbuhkembangnya kinerja Profesional.
- Memberdayakan standar pelayanan minimal Sekolah
Dasar.
- Mengembangkan wawasan ilmu dan teknologi sesuai
perkembangan jaman
- Memperkokoh keimanan dan ketaqwaan Kepada Tuhan
yang Maha Esa.
3.
Tujuan
Pendidikan
1. Gambaran Umum
SDN Cimayang 01 dengan Nomor Statistik
Sekolah (NSS) 101020217018, NPSN 20201796, alamat Kp Cimayang Pasar Desa Cimayang Kecamatan Pamijahan Kabupaten
Bogor Provinsi Jawa Barat, tahun pendirian 1968 luas tanah 1.500 m2, status
negeri, status dalam gugus SD inti, nilai akreditasi A.
Jumlah sisiwa dalam 3 (Tiga) tahun ajaran terakhir, tahun 2014-2015 kelas I : L:19 siswa P:15 siswa jumlah 34 siswa, kelas II : L:21 siswa P:17 siswa jumlah 38 siswa, kelas III : L:25 siswa P:27 siswa jumlah 52 siswa, kelas IV : L:31 siswa P:24 siswa jumlah 55 siswa, kelas V : L:13 siswa P:19 siswa jumlah 32 siswa, kelas VI : L:25 siswa P:35 siswa jumlah 60 siswa, jumlah
keseluruhan L :134 siswa P : 137 siswa jumlah 271 siswa.
Tahun 2015-2016 kelas I : L:18 siswa P:27 siswa jumlah 45 siswa, kelas II : L:18 siswa P:15 siswa jumlah 33 siswa, kelas III : L:23 siswa P:19 siswa jumlah 42 siswa, kelas IV : L:25 siswa P:26 siswa jumlah 51 siswa, kelas V : L:30 siswa P:24 siswa jumlah 54 siswa, kelas VI : L:14 siswa P:19 siswa jumlah 33 siswa, jumlah
keseluruhan L : 128 siswa P : 130 siswa jumlah 258 siswa.
Tahun 2016-2017 kelas I : L:26 siswa P:19 siswa jumlah 45 siswa, kelas II : L:18 siswa P:24 siswa jumlah 42 siswa, kelas III : L:18 siswa P:16 siswa jumlah 34 siswa, kelas IV : L:24 siswa P:17 siswa jumlah 41 siswa, kelas V : L:21 siswa P:26 siswa jumlah 47 siswa, kelas VI : L:28 siswa P:24 siswa jumlah 52 siswa, jumlah keseluruhan L : 135 siswa P : 126 siswa jumlah 261 siswa.
Data pendidik dan tenaga kependidikan SDN Cimayang 01 :
No
|
Nama
|
JK
|
NIP
|
NUPTK
|
Tempat, Tgl Lahir
|
Pangkat/Gol
|
Jabatan
|
1
|
Hj, N. Endoh
|
P
|
196103151984102001
|
5647739641300062
|
Bogor, 15/03/1961
|
Pembina, IV/a
|
Kepala Sekolah
|
2
|
Hj. Tati Asriwiyati
|
P
|
196310281984102003
|
1360741643300063
|
Bogor, 28/10/1963
|
Pembina, IV/a
|
Guru Kelas
|
3
|
Endang
|
L
|
196406141986101002
|
4946742646200022
|
Bogor, 14/06/1964
|
Pembina, IV/a
|
Guru Kelas
|
4
|
Sukidah
|
P
|
197001121996062001
|
5444748650300082
|
Kulonprogo, 12/01/1970
|
Pembina, IV/a
|
Guru Kelas
|
5
|
Hj. Ikoh
|
P
|
197204072006042006
|
8739750652300062
|
Bogor, 07/04/1972
|
Penata Muda, III/a
|
Guru Kelas
|
6
|
Fegi Friska E. P.
|
P
|
198601162011012001
|
6448764664300012
|
Bogor, 16/01/1986
|
Pengatur, II/C
|
Guru Kelas
|
7
|
Loucy Dey Gratya
|
P
|
|
9552763664300023
|
Bogor, 20/12/1985
|
-
|
Guru Kelas
|
8
|
Egi Mayangsari
|
P
|
|
9137762664300043
|
Bogor, 05/08/1984
|
-
|
Guru MP
|
9
|
Fajri Bayu Sukma
|
L
|
|
3544764666200022
|
Bogor, 12/02/1986
|
-
|
Guru Kelas
|
10
|
Munawati
|
P
|
|
1248760662300053
|
Bogor, 16/09/1982
|
-
|
Guru MP
|
11
|
Mardiansyah Imanudin
|
L
|
|
|
Bogor, 24/03/1995
|
-
|
Guru MP
|
Jumlah rombongan belajar kelas I : 1
rombel, kelas II : 1 rombel, kelas III : 1 rombel, kelas IV : 1 rombel, kelas V
: 1 rombel kelas VI : 1 rombel.
Data prasarana : Ruang kelas I : 1 ruangan ukuran 7 x 7 m2
kondisi baik status kepemilikan milik. Ruang kelas II : 1 ruangan ukuran 7 x 7 m2
kondisi baik status kepemilikan milik.
Ruang kelas III : 1 ruangan ukuran 7 x 7 m2 kondisi baik status kepemilikan milik. Ruang kelas
IV : 1 ruangan ukuran 7 x 7 m2 kondisi baik
status kepemilikan milik. Ruang kelas V : 1 ruangan ukuran 7 x 7 m2 kondisi baik status kepemilikan
milik. Ruang kelas VI : 1 ruangan ukuran 7 x 7 m2 kondisi baik status kepemilikan
milik. Ruang kepala sekolah 1 ruangan ukuran 2,5 x 4,5 m2 kondisi baik status kepemilikan milik. Ruang guru 1
ruangan ukuran 5 x 7 m2 kondisi baik status kepemilikan milik. Ruang
perpustakaan 1 ruangan ukuran 8 x 8 m2 kondisi baik status kepemilikan milik. WC guru 2 ruangan ukuran 3 x 2 m2, kondisi
baik status kepemilikan milik. WC siswa laki-laki 1 ruangan ukuran 2 x 1,5 m2
kondisi rusak sedang status kepemilikan milik. WC siswa perempuan 1 ruangan 2 x
1,5 m2
kondisi rusak sedang.
Status kepegawaian pendidik dan tenaga
kependidikan terdiri dari 6 orang PNS dan 5 orang sebagai GTT. Kualifikasi
pendidikan S.1 10 orang, dan SLTA 1 orang yang sekarang sedang menempuh pendidikan S.1.
Keadaan komite sekolah Daden, sekretaris Elin dan bendahara Muchlis.
TABEL GAMBARAN UMUM SDN CIMAYANG
01
a.
Identitas
Nama
Sekolah
|
SDN Cimayang
01
|
NSS
|
101020217018
|
NPSN
|
20201796
|
Alamat
|
Kp
Cimayang Pasar
|
Desa
|
Cimayang
|
Kecamatan
|
Pamijahan
|
Kabupaten
|
Bogor
|
Provinsi
|
Jawa
Barat
|
Tahun
Pendirian
|
1969
|
Luas
Tanah
|
1.500
m2
|
Status
|
Negeri
|
Status
Dalam Gugus
|
Inti
|
Nilai
Akreditasi
|
A
|
b.
Data Siswa 3 (Tiga) Tahun Terakhir
No
|
Kelas
|
Tahun Ajaran / Jumlah Siswa
|
||||||||
2014 – 2015
|
2015 – 2016
|
2016 – 2017
|
||||||||
L
|
P
|
JML
|
L
|
P
|
JML
|
L
|
P
|
JML
|
||
1
|
I
|
19
|
15
|
34
|
18
|
27
|
45
|
26
|
19
|
45
|
2
|
II
|
21
|
17
|
48
|
18
|
15
|
33
|
18
|
24
|
42
|
3
|
III
|
25
|
27
|
52
|
23
|
19
|
42
|
18
|
16
|
34
|
4
|
IV
|
31
|
24
|
55
|
25
|
26
|
51
|
24
|
17
|
41
|
5
|
V
|
13
|
19
|
32
|
30
|
24
|
54
|
21
|
26
|
47
|
6
|
VI
|
25
|
35
|
60
|
14
|
19
|
33
|
28
|
24
|
52
|
Jumlah
|
134
|
137
|
271
|
128
|
130
|
258
|
135
|
126
|
261
|
c.
Data
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
No
|
Nama
|
Tempat Tanggal
Lahir
|
L/P
|
NIP
|
Gol
|
Jabatan
|
Ket
|
1
|
Hj, N.
Endoh,S.Pd.I
|
Bogor,
15/03/1961
|
P
|
196103151984102001
|
Pembina,
IV/a
|
Kepala Sekolah
|
PNS
|
2
|
Hj.
Tati Asriwiyati,S.Pd.I
|
Bogor,
28/10/1963
|
P
|
196310281984102003
|
Pembina,
IV/a
|
Guru Kelas
|
PNS
|
3
|
Endang,S.Pd.SD
|
Bogor,
14/06/1964
|
L
|
196406141986101002
|
Pembina,
IV/a
|
Guru Kelas
|
PNS
|
4
|
Sukidah,S.Pd.SD
|
Kulonprogo,
12/01/1970
|
P
|
197001121996062001
|
Pembina,
IV/a
|
Guru Kelas
|
PNS
|
5
|
Hj.
Ikoh,S.Pd
|
Bogor,
07/04/1972
|
P
|
197204072006042006
|
Penata
Muda, III/a
|
Guru Kelas
|
PNS
|
6
|
Fegi Friska E. P.,S.Pd.SD
|
Bogor,
16/01/1986
|
P
|
198601162011012001
|
Pengatur, II/C
|
Guru Kelas
|
PNS
|
7
|
Loucy
Dey Gratya,S.Pd
|
Bogor,
20/12/1985
|
P
|
|
|
Guru Kelas
|
GTT
|
8
|
Egi
Mayangsari,S.Pd
|
Bogor,
05/08/1984
|
P
|
|
|
Guru MP
|
GTT
|
9
|
Fajri
Bayu SukmaS.Pd.SD
|
Bogor,
12/02/1986
|
L
|
|
|
Guru Kelas
|
GTT
|
10
|
Munawati,S.Pd.I
|
Bogor,
16/09/1982
|
P
|
|
|
Guru MP
|
GTT
|
11
|
Mardiansyah
Imanudin
|
Bogor,
24/03/1995
|
L
|
|
|
Guru MP
|
GTT
|
d.
Data
Jumlah Rombongan Belajar
No
|
Ruang
Kelas
|
Jumlah Rombel
|
1
|
Ruang Kelas I
|
1 Rombel
|
2
|
Ruang Kelas II
|
1 Rombel
|
3
|
Ruang Kelas III
|
1 Rombel
|
4
|
Ruang Kelas IV
|
1 Rombel
|
5
|
Ruang Kelas V
|
1 Rombel
|
6
|
Ruang Kelas VI
|
1 Rombel
|
e.
Data
Prasarana
No
|
Nama Prasarana
|
Panjang (m)
|
Lebar (m)
|
Kondisi
|
Status Kepemilikan
|
1
|
Ruang kelas I
|
7
|
7
|
Baik
|
Milik
|
2
|
Ruang kelas II
|
7
|
7
|
Baik
|
Milik
|
3
|
Ruang kelas
III
|
7
|
7
|
Baik
|
Milik
|
4
|
Ruang kelas IV
|
7
|
7
|
Baik
|
Milik
|
5
|
Ruang kelas V
|
7
|
7
|
Baik
|
Milik
|
6
|
Ruang kelas VI
|
7
|
7
|
Baik
|
Milik
|
7
|
Ruang Kepala
sekolah
|
2,5
|
4,5
|
Baik
|
Milik
|
8
|
Ruang guru
|
5
|
7
|
Baik
|
Milik
|
9
|
Ruang
perpustakaan
|
8
|
8
|
Baik
|
Milik
|
10
|
WC Guru
|
3
|
2
|
Baik
|
Milik
|
11
|
WC Siswa
Laki-laki
|
2
|
1,5
|
Rusak Sedang
|
Milik
|
12
|
WC Siswa
Perempuan
|
2
|
1,5
|
Rusak Sedang
|
Milik
|
2. Penataan 8 Standar Nasional Pendidikan
1.
Standar
Isi
SDN Cimayang 01 pada tahun pelajaran 2014/2015
menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum
sekolah memuat 10 mata pelajaran muatan nasional dan dua mata pelajaran muatan
lokal. Alokasi waktu mata pelajaran Pendidikan Agama, IPS masing-masing 3
jam pelajaran. Mata pelajaran yang diujinasionalkan yaitu Bahasa
Indonesia, dan Matematika 5 Jam Pelajaran sedangkan IPA 4 jam
pelajaran. Mata pelajaran PJOK dan Seni Budaya dan Ketrampilan masing-masing 4
jam pelajaran, PKn dan Mulok Masing-masing 2 Jam Pelajaran. Pengembangan diri
memperoleh alokasi waktu ekuivalen dengan 2 jam pelajaran. Satu jam pelajaran
setara 35 menit. Jumlah jam pelajaran perminggu 38 jam pelajaran per kelas,
sehingga total jumlah jam pelajaran tatap muka sebanyak 38 jam pelajaran per
rombel ´ 6 rombel = 228 jam pelajaran perminggu.
2.
Standar Proses
Silabus yang dikembangkan oleh guru-guru
berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan panduan
penyusunan KTSP. Kegiatan penyusunan dan pengembangkan silabus dilakukan secara
mandiri atau berkelompok oleh guru-guru di sekolah sendiri. Diakui bahwa
silabus yang dikembangkan oleh guru-guru belum sepenuhnya berasal dari hasil
pemikiran sendiri namun sebahagian masih mencontoh silabus dari sekolah-sekolah
lain dengan beberapa perbaikan-perbaikan. Kegiatan pembelajaran yang dirancang
dalam silabus belum membagi ke dalam bentuk tatap muka (TM), penugasan
terstruktur (PT) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT).
Guru-guru memiliki rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) yang disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan
pembelajaran baik mata pelajaran muatan nasional ataupun mata pelajaran muatan
lokal. Seperti halnya dengan silabus, kegiatan penyusunan RPP juga dilakukan
oleh guru-guru secara mandiri. RPP yang disusun guru sebahagian masih meng-copy
paste RPP sekolah lain dengan beberapa perubahan-perubahan. Namun ada juga
beberapa guru yang telah menyusun RPP berdasarkan hasil pemikiran sendiri
dengan memperhatikan lingkungan sekolah atau siswa, nilai-nilai, dan
norma-norma yang ada dalam masyarakat. Metode pembelajaran yang dirancang
guru-guru dalam silabus dan RPP sebagian sudah menggunakan metode yang aktif,
inspiratif, kreatif, menyenangkan, menantang dan memotivasi siswa.
3.
Standar Kompetensi Lulusan
Perolehan nilai ujian sekolah/madrasah (US/M) tahun
pelajaran 2015/2016 untuk masing-masing mata pelajaran memenuhi Standar kelulusan. Rata-rata
nilai ujian sekolah/madrasah (US/M) untuk masing-masing mata pelajaran Bahasa
Indonesia 80, Matematika 85, Ilmu Pengetahuan Alam 76 Untuk setiap
mata pelajaran dapat dikatakan bahwa siswa sudah mencapai target yang
ditetapkan SKL, dilihat dari tingkat kelulusan siswa 100% berhasil dan
melanjutkan tingkat sekolah berikutnya.
4. Standar Pendidik dan Tenaga
Kependidikan
Berdasarkan
peraturan pemerintah nomor 74 tahun 2008 yang mengisyaratkan bahwa guru wajib
memiliki kualifikasi akademik, kompentensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani
rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Status kepegawaian pendidik dan tenaga kependidikan di SDN Cimayang 01
terdiri dari 6 orang PNS dan 5 orang sebagai GTT. Kualifikasi pendidikan S.1 10 orang, dan SLTA 1 orang yang sekarang sedang
menempuh pendidikan S.1.
5. Standar Sarana dan Prasarana
SDN Cimayang
01 memiliki luas lahan 1.500 m2 dengan jumlah ruang kelas yang digunakan sebagai tempat proses
belajar mengajar sebanyak 6 ruang kelas dengan ukuran masing-masing 7 x 7 m2 per ruang kelas. Setiap
ruang kelas masing-masing memiliki satu white board sebagai papan tulis,
satu meja dan kursi guru, satu lemari, masing-masing satu kursi untuk setiap
siswa dan satu bangku untuk dua siswa, memiliki prasaran lainnya seperti sapu,
pengepel, tempat sampah, jam dinding dan sebagainya untuk kelengkapan ruang
kelas.
Ruang
guru berukuran 5 × 7 m2 memuat 10 pasang meja dan kursi guru, 1 set kursi
dan meja tamu, 2 rak buku, 4 lemari buku, 1 buah jam dinding, 1 Laptop memiliki jaringan internet Wifi.
Ruang
perpustakaan terdiri dari satu unit bangunan dengan ukuran (8×8) m2, meja baca berjumlah 8 dengan
tempat duduk secara resehan dilantai yang diberi tikar, 2 pasang meja kursi
untuk petugas perpustakaan, 12 rak buku untuk meletakan buku-buku bacaan, judul buku lebih dari 100
judul.
Ruang
kepala sekolah berukuran (42,5× 4,5) m2 terdapat 1 lemari
buku, 1 pasang meja dan kursi kepala sekolah, 1 set kursi tamu. Sarana dan
prasana sekolah lainnya adalah jamban
(WC) guru dan siswa.
6. Standar Pengelolaan
Rencana
kerja sekolah (RKS), rencana kerja tahunan (RKT) ataupun rencana kerja jangka menengah
(RKJM) disosialisasikan kepada warga sekolah. Demikian pula dengan rencana
kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS) disosialisasikan kepada warga sekolah.
Sekolah sudah melakukan pengisian instrumen EDS sehingga RKS dan RKJM yang
disusun berdasarkan rekomendasi EDS sudah mengelompokkan ke dalam delapan
standar yaitu Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar
Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar
Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan, Standar Penilaian Pendidikan.
Kegiatan
supervisi sudah dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan sehingga mudah
untuk mengukur dan menilai kinerja untuk melakukan perbaikan-perbaikan terutama
dalam peningkatan hasil belajar siswa.
7. Standar Pembiayaan
Sumber keuangan
sekolah masih tergantung pada bantuan pemerintah berupa dana BOS APBN dan BOS
pemerintah provinsi Jawa Barat. Sekolah belum mampu untuk mencari sumber
keuangan lain misalnya dengan membangun kerja sama yang saling menguntungkan
dengan dunia usaha dan industri. Penyusunan RKAS melibatkan secara langsung
pihak komite sekolah ataupun pemangku kepentingan yang relevan, lewat rapat
dewan guru, kepala sekolah, beberapa guru dan bendahara sekolah, dengan tetap
mempertimbangkan usulan-usulannya warga sekolah. Penggunaan dana sekolah
dilaporkan ke UPT Pendidikan Kecamatan Pamijahan.
8. Standar Penilaian Pendidikan
Sebagian
guru sudah menyusun perencanaan penilaian berdasarkan kompetensi inti dan
kompetensi dasar. KKM yang telah ditetapkan diinformasikan oleh guru kepada
siswa diawal pertemuan tatap muka dan menginformasikan KKM sebelum pelaksanaan
setiap ulangan harian. Guru melaksanakan penilaian melalui pelaksanaan ulangan
harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, kenaikan kelas, dan
ujian sekolah dengan memperhatikan prinsip-prinsip penilaian yaitu objektif,
terpadu, ekonomis, transparan, akuntabel, dan edukatif. Penilaian melalui
ulangan harian dilaksanakan berdasarkan rencana yang telah dibuat oleh guru.
B. Kondisi Sekolah Magang 2 (SDN Cimayang 02)
SDN Cimayang 02 berlokasi di
jln.Kapt.Dasuki Bakri Km 04 Kp.Cimayang Sari Kecamatan Pamijahan Kabupaten
Bogor Provinsi Jawa Barat. Adapun Visi, Misi dan Tujuan Pendidikan di SDN
Cimayang 02 sebagai berikut
1.
Visi
Terwujudnya
sekolah unggul baik imtaq,maupun iptek,berwawasan kebangsaan,disiplin tinggi
dan tanggap terhadap lingkungan
2.
Misi
1.
Menumbuhkan semangat
religius,kedisiplinan dan kekeluargaan pada seluruh warga sekolah
2.
Meningkatkan prestasi
akademik maupun non akademik sesuai dengan perkembangan IPTEK dan tuntutan
masyarakat
3.
Menumbuhkan semangat
patriotisme melalui peringatan hari-hari besar nasional
4.
Mengembangkan budaya
gemar membaca rasa ingin tahu, bertoleransi , bekerja sama, saling
menghargai,disiplin, jujur, kerja keras, kreatif dan mandiri
5.
Menciptakan lingkungan
sekolah yang aman, rapi, bersih dan nyaman
6.
Menciptakan suasana
pembelajaran yang menantang, menyenangkan, komunikatif, tanpa takut salah dan
demokratis (PAIKEM)
3.
Tujuan
Pendidikan
1. Gambaran Umum
SDN Cimayang 02 dengan NPSN 20201797,
alamat jln.Kapt.Dasuki Bakri Km 04 Kp.Cimayang Sari Kecamatan Pamijahan Kabupaten
Bogor Provinsi Jawa Barat, status negeri,
Jumlah sisiwa dalam 2 (Dua) tahun ajaran terakhir, Tahun 2015-2016 kelas I : L:9 siswa P:8 siswa jumlah 17 siswa, kelas II : L:15
siswa P:11 siswa jumlah 26 siswa, kelas III : L:7 siswa P:6 siswa jumlah 13
siswa, kelas IV : L:17 siswa P:12 siswa jumlah 29 siswa, kelas V : L:16 siswa
P:7 siswa jumlah 22 siswa, kelas VI : L:20 siswa P:17 siswa jumlah 37 siswa, jumlah
keseluruhan L : 84 siswa P : 61 siswa jumlah 145 siswa.
Tahun 2016-2017 kelas I : L:15 siswa P:15 siswa jumlah 30 siswa, kelas II : L:9 siswa P:8 siswa jumlah 17
siswa, kelas III : L:15 siswa P:11 siswa jumlah 26 siswa, kelas IV : L:7 siswa P:6 siswa jumlah 13
siswa, kelas V : L:17 siswa P:12 siswa jumlah 29 siswa, kelas VI : L:16 siswa
P:7 siswa jumlah 23 siswa, jumlah keseluruhan L : 78 siswa P : 60 siswa jumlah 138
siswa.
Data pendidik dan tenaga kependidikan SDN Cimayang 02 :
No
|
Nama
|
JK
|
NIP
|
NUPTK
|
Tempat, Tgl Lahir
|
Pangkat/Gol
|
Jabatan
|
1
|
R.Egi
Zamaludin
|
L
|
196609101988031004
|
Bogor, 10/09/1966
|
Pembina, IV/a
|
Kepala Sekolah
|
|
2
|
Diarsih
|
P
|
196009151982042001
|
Bogor, 15/09/1960
|
Pembina, IV/a
|
Guru Kelas
|
|
3
|
Jaelani
|
L
|
195911081984121001
|
Bogor, 08/11/1959
|
Pembina, IV/a
|
Guru PAI
|
|
4
|
Suhandi
|
L
|
196906052000031014
|
Bogor, 05/06/1969
|
Penata Muda, III/b
|
Guru Kelas
|
|
5
|
Dini
Fajriati
|
P
|
Bogor, 27/07/1985
|
GTT
|
Guru Kelas
|
||
6
|
Ulfatullaelah
|
P
|
Bogor, 10/01/1987
|
GTT
|
Guru Kelas
|
||
7
|
Wahyu
Kurniawan
|
L
|
|
Bogor, 04/02/1989
|
GTT
|
Guru Kelas
|
|
8
|
Ahmad
Nawawi
|
L
|
|
Bogor, 14/02/1990
|
GTT
|
Guru PJOK
|
|
9
|
Gita
Nitami
|
P
|
|
Bogor, 06/01/1996
|
GTT
|
Guru Kelas
|
|
10
|
Ai
Suryani
|
P
|
|
Bogor, 17/08/1994
|
GTT
|
Guru SBK
|
|
11
|
M.
Nurapendi
|
L
|
|
|
Bogor, 28/11/1990
|
GTT
|
Operator
|
12
|
Badrudin
|
P
|
196004071990031004
|
Bogor, 07/04/1960
|
II/a
|
Penjaga Sekolah
|
Jumlah rombongan belajar kelas I : 1
rombel, kelas II : 1 rombel, kelas III : 1 rombel, kelas IV : 1 rombel, kelas V
: 1 rombel kelas VI : 1 rombel.
Data prasarana : Ruang kelas I : 1 ruangan ukuran 7 x 7 m2
kondisi baik status kepemilikan milik. Ruang kelas II : 1 ruangan ukuran 7 x 7 m2
kondisi baik status kepemilikan milik.
Ruang kelas III : 1 ruangan ukuran 7 x 7 m2 kondisi baik status kepemilikan milik. Ruang kelas
IV : 1 ruangan ukuran 7 x 7 m2 kondisi baik
status kepemilikan milik. Ruang kelas V : 1 ruangan ukuran 7 x 7 m2 kondisi baik status kepemilikan
milik. Ruang kelas VI : 1 ruangan ukuran 7 x 7 m2 kondisi baik status kepemilikan
milik. Ruang kepala sekolah 1 ruangan ukuran 2,5 x 4,5 m2 kondisi baik status kepemilikan milik. Ruang guru 1
ruangan ukuran 5 x 7 m2 kondisi baik status kepemilikan milik. WC guru 1
ruangan ukuran 1 x 1,5 m2, kondisi rusak sedang status kepemilikan
milik. WC siswa laki-laki 1 ruangan ukuran 1 x 1,5 m2 kondisi baik
status kepemilikan milik. WC siswa perempuan 1 ruangan 1 x 1,5 m2 kondisi baik.
Status kepegawaian pendidik dan tenaga
kependidikan terdiri dari 5 orang PNS dan 7 orang sebagai GTT. Kualifikasi
pendidikan S.2 2 Orang S.1 8 orang, dan SLTA 2 orang. Keadaan komite sekolah Ma’ruf,
S.Pd.I, sekretaris Amir dan bendahara Lilik Setiasih.
TABEL GAMBARAN UMUM SDN CIMAYANG
02
A.
Identitas
Nama
Sekolah
|
SDN Cimayang 02
|
NPSN
|
20201797
|
Alamat
|
Jln.Kapt.Dasuki
Bakri Km.04
|
Desa
|
Cimayang
Sari
|
Kecamatan
|
Pamijahan
|
Kabupaten
|
Bogor
|
Provinsi
|
Jawa
Barat
|
Status
|
Negeri
|
B.
Data Siswa 2 (Dua) Tahun Terakhir
No
|
Kelas
|
Tahun Ajaran/Jumlah Siswa
|
|||||
2015 – 2016
|
2016 – 2017
|
||||||
L
|
P
|
JML
|
L
|
P
|
JML
|
||
1
|
I
|
9
|
8
|
17
|
15
|
15
|
45
|
2
|
II
|
15
|
11
|
26
|
9
|
8
|
42
|
3
|
III
|
7
|
6
|
13
|
15
|
11
|
34
|
4
|
IV
|
17
|
12
|
29
|
7
|
6
|
41
|
5
|
V
|
16
|
7
|
23
|
17
|
12
|
47
|
6
|
VI
|
20
|
17
|
37
|
16
|
17
|
52
|
Jumlah
|
84
|
61
|
145
|
78
|
60
|
138
|
C.
Data
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
No
|
Nama
|
Tempat Tanggal
Lahir
|
L/P
|
NIP
|
Gol
|
Jabatan
|
1
|
R.Egi Zamaludin, M.Pd
|
Bogor, 10/09/1966
|
L
|
196609101988031004
|
Pembina, IV/a
|
Kepala Sekolah
|
2
|
Diarsih, S.Pd.SD
|
Bogor, 15/09/1960
|
P
|
196009151982042001
|
Pembina, IV/a
|
Guru Kelas
|
3
|
Jaelani, S.Pd.I
|
Bogor, 08/11/1959
|
L
|
195911081984121001
|
Pembina, IV/a
|
Guru PAI
|
4
|
Suhandi, M.Pd
|
Bogor, 05/06/1969
|
L
|
196906052000031014
|
Penata Muda, III/b
|
Guru Kelas
|
5
|
Dini Fajriati, S.Pd.I
|
Bogor, 27/07/1985
|
P
|
|
GTT
|
Guru Kelas
|
6
|
Ulfatullaelah, S.Pd.I
|
Bogor, 10/01/1987
|
P
|
|
GTT
|
Guru Kelas
|
7
|
Wahyu Kurniawan, S.Pd
|
Bogor, 04/02/1989
|
L
|
|
GTT
|
Guru Kelas
|
8
|
Ahmad Nawawi, S.Pd.SD
|
Bogor, 14/02/1990
|
L
|
|
GTT
|
Guru PJOK
|
9
|
Gita Nitami
|
Bogor, 06/01/1996
|
P
|
|
GTT
|
Guru Kelas
|
10
|
Ai Suryani, S.Pd
|
Bogor, 17/08/1994
|
P
|
|
GTT
|
Guru SBK
|
11
|
M. Nurapendi, S.Pd
|
Bogor, 28/11/1990
|
L
|
|
GTT
|
Operator
|
12
|
Badrudin
|
Bogor, 07/04/1960
|
L
|
196004071990031004
|
II/a
|
Penjaga Sekolah
|
D.
Data
Jumlah Rombongan Belajar
No
|
Ruang
Kelas
|
Jumlah Rombel
|
1
|
Ruang Kelas I
|
1 Rombel
|
2
|
Ruang Kelas II
|
1 Rombel
|
3
|
Ruang Kelas III
|
1 Rombel
|
4
|
Ruang Kelas IV
|
1 Rombel
|
5
|
Ruang Kelas V
|
1 Rombel
|
6
|
Ruang Kelas VI
|
1 Rombel
|
E.
Data
Prasarana
No
|
Nama Prasarana
|
Panjang (m)
|
Lebar (m)
|
Kondisi
|
Status Kepemilikan
|
1
|
Ruang kelas I
dan III
|
7
|
7
|
Baik
|
Milik
|
2
|
Ruang kelas II
dan IV
|
7
|
7
|
Baik
|
Milik
|
5
|
Ruang kelas V
dan VI
|
7
|
7
|
Baik
|
Milik
|
7
|
Ruang Kepala
sekolah
|
2,5
|
4,5
|
Baik
|
Milik
|
8
|
Ruang guru
|
5
|
7
|
Baik
|
Milik
|
9
|
WC Guru
|
1
|
1,5
|
Rusak Sedang
|
Milik
|
11
|
WC Siswa
Laki-laki
|
1
|
1,5
|
Baiki
|
Milik
|
12
|
WC Siswa
Perempuan
|
1
|
1,5
|
Baik
|
Milik
|
2.
Penataan
8 Standar Nasional Pendidikan
A.
Standar
Isi
SDN Cimayang 02 pada tahun pelajaran 2015/2016
menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum
sekolah memuat 10 mata pelajaran muatan nasional dan dua mata pelajaran muatan
lokal. Alokasi waktu mata pelajaran Pendidikan Agama, IPS masing-masing 3
jam pelajaran. Mata pelajaran yang diujinasionalkan yaitu Bahasa
Indonesia, dan Matematika 5 Jam Pelajaran sedangkan IPA 4 jam
pelajaran. Mata pelajaran PJOK dan Seni Budaya dan Ketrampilan masing-masing 4
jam pelajaran, PKn dan Muluk Masing-masing 2 Jam Pelajaran. Pengembangan diri
memperoleh alokasi waktu ekuivalen dengan 2 jam pelajaran. Satu jam pelajaran
setara 35 menit. Jumlah jam pelajaran perminggu 38 jam pelajaran per kelas,
sehingga total jumlah jam pelajaran tatap muka sebanyak 38 jam pelajaran per
rombel ´ 6 rombel = 228 jam pelajaran perminggu.
B.
Standar Proses
Silabus yang dikembangkan oleh guru-guru
berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan panduan
penyusunan KTSP. Kegiatan penyusunan dan pengembangkan silabus dilakukan secara
mandiri atau berkelompok oleh guru-guru di sekolah sendiri. Diakui bahwa
silabus yang dikembangkan oleh guru-guru belum sepenuhnya berasal dari hasil
pemikiran sendiri namun sebahagian masih mencontoh silabus dari sekolah-sekolah
lain dengan beberapa perbaikan-perbaikan. Kegiatan pembelajaran yang dirancang
dalam silabus belum membagi ke dalam bentuk tatap muka (TM), penugasan
terstruktur (PT) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT).
Guru-guru memiliki rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) yang disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan
pembelajaran baik mata pelajaran muatan nasional ataupun mata pelajaran muatan
lokal. Seperti halnya dengan silabus, kegiatan penyusunan RPP juga dilakukan
oleh guru-guru secara mandiri. RPP yang disusun guru sebahagian masih meng-copy
paste RPP sekolah lain dengan beberapa perubahan-perubahan. Namun ada juga
beberapa guru yang telah menyusun RPP berdasarkan hasil pemikiran sendiri
dengan memperhatikan lingkungan sekolah atau siswa, nilai-nilai, dan
norma-norma yang ada dalam masyarakat. Metode pembelajaran yang dirancang
guru-guru dalam silabus dan RPP sebagian sudah menggunakan metode yang aktif,
inspiratif, kreatif, menyenangkan, menantang dan memotivasi siswa.
C. Standar Kompetensi Lulusan
Perolehan nilai ujian sekolah/madrasah (US/M) tahun
pelajaran 2015/2016 untuk masing-masing mata pelajaran memenuhi Standar kelulusan. Rata-rata
nilai ujian sekolah/madrasah (US/M) untuk masing-masing mata pelajaran Bahasa
Indonesia 78, Matematika 81, Ilmu
Pengetahuan Alam 70 Untuk setiap
mata pelajaran dapat dikatakan bahwa siswa sudah mencapai target yang
ditetapkan SKL, dilihat dari tingkat kelulusan siswa 100% berhasil dan
melanjutkan tingkat sekolah berikutnya.
D. Standar Pendidik dan Tenaga
Kependidikan
Berdasarkan
peraturan pemerintah nomor 74 tahun 2008 yang mengisyaratkan bahwa guru wajib
memiliki kualifikasi akademik, kompentensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani
rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Status kepegawaian pendidik dan tenaga kependidikan di SDN Cimayang 02
terdiri dari 5 orang PNS dan 7 orang sebagai GTT. Kualifikasi pendidikan
Sarjana 10
orang, dan SLTA 2 orang.
E. Standar Sarana dan Prasarana
SDN Cimayang
02 memiliki ruang kelas yang digunakan sebagai tempat proses belajar mengajar
sebanyak 3 ruang kelas dengan ukuran masing-masing 7 x 7 m2 per ruang kelas. Setiap
ruang kelas masing-masing memiliki satu white board sebagai papan tulis,
satu meja dan kursi guru, satu lemari, masing-masing satu kursi untuk setiap
siswa dan satu bangku untuk dua siswa, memiliki prasaran lainnya seperti sapu,
pengepel, tempat sampah, jam dinding dan sebagainya untuk kelengkapan ruang kelas.
Ruang
guru berukuran 5 × 7 m2 memuat 10 pasang meja dan kursi guru, 1 set
kursi dan meja tamu, 2 rak buku, 4 lemari buku, 1 buah jam dinding.
Ruang
kepala sekolah berukuran (42,5× 4,5) m2 terdapat 1 lemari
buku, 1 pasang meja dan kursi kepala sekolah, 1 set kursi tamu. Sarana dan
prasana sekolah lainnya adalah jamban
(WC) guru dan siswa.
F. Standar Pengelolaan
Rencana
kerja sekolah (RKS), rencana kerja tahunan (RKT) ataupun rencana kerja jangka
menengah (RKJM) disosialisasikan kepada warga sekolah. Demikian pula dengan
rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS) disosialisasikan kepada warga
sekolah. Sekolah sudah melakukan pengisian instrumen EDS sehingga RKS dan RKJM
yang disusun berdasarkan rekomendasi EDS sudah mengelompokkan ke dalam delapan
standar yaitu Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar
Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar
Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan, Standar Penilaian Pendidikan.
Kegiatan
supervisi sudah dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan sehingga mudah
untuk mengukur dan menilai kinerja untuk melakukan perbaikan-perbaikan terutama
dalam peningkatan hasil belajar siswa.
G. Standar Pembiayaan
Sumber
keuangan sekolah masih tergantung pada bantuan pemerintah berupa dana BOS APBN
dan BOS pemerintah provinsi Jawa Barat. Sekolah belum mampu untuk mencari
sumber keuangan lain misalnya dengan membangun kerja sama yang saling
menguntungkan dengan dunia usaha dan industri. Penyusunan RKAS melibatkan
secara langsung pihak komite sekolah ataupun pemangku kepentingan yang relevan,
lewat rapat dewan guru, kepala sekolah, beberapa guru dan bendahara sekolah,
dengan tetap mempertimbangkan usulan-usulannya warga sekolah. Penggunaan dana
sekolah dilaporkan ke UPT Pendidikan Kecamatan Pamijahan.
H. Standar Penilaian Pendidikan
Sebagian
guru sudah menyusun perencanaan penilaian berdasarkan kompetensi inti dan
kompetensi dasar. KKM yang telah ditetapkan diinformasikan oleh guru kepada
siswa diawal pertemuan tatap muka dan menginformasikan KKM sebelum pelaksanaan
setiap ulangan harian. Guru melaksanakan penilaian melalui pelaksanaan ulangan
harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, kenaikan kelas, dan
ujian sekolah dengan memperhatikan prinsip-prinsip penilaian yaitu objektif,
terpadu, ekonomis, transparan, akuntabel, dan edukatif. Penilaian melalui
ulangan harian dilaksanakan berdasarkan rencana yang telah dibuat oleh guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar