LAPORAN ON THE JOB LEARNING (OJL)
Disusun sebagai laporan akhir kegiatan
On The Job Learning pada Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah
Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat
Periode: 3 Agustus s/d 31 Oktober 2016
Nama :
ENDANG, S.Pd.Sd
NIP :
196406141986101002
Unit Kerja :
SDN CIMAYANG 01
PROGRAM PENYIAPAN CALON KEPALA SEKOLAH
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BOGOR
PROVINSI JAWA BARAT
2016
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan , hidayah, serta petunjuk-Nya Laporan On The Job Learning (OJL) yang berjudul
“ Meningkatkan Kemapuan Guru dalam Menyusun RPP Melalui In House Training (IHT) di SDN Cimayang 01 “ .Alhamdulilah dapat
diselesaikan.
Dalam
kesempatan ini perkenankanlah saya menyapaikan terima kasih kepada pihak yang telah
memberikan kontribusi menyampaikan On The
Job Learning (OJL) ini diantaranya :
1.
Kepala SDN Cimayang 01
2.
Kepala SDN Cimayang 02
3.
Kepala Dinas Kecamatan Pamijahan
4.
Kepada Bpk.Sutar,
M.Pd.Si, Bpk. Drs.Agus Riyanto, Bpk.Amas sutisna, S.Pd, M.M.Pd sebagai
pembimbing
5.
Berbagai pihak yang
terkait
Akhirnya
calon kepala sekolah berharap, laporan On
The Job Learning (OJL) dapat bermanfaat khususnya bagi calon kepala sekolah,
peningkatan proses pembelajaran di sekolah pada umumnya.
Bogor,
31 Oktober 2016
Calon
Kepala Sekolah
ENDANG, S.Pd.SD
NIP.
196406141986101002
DAFTAR ISI
LEMBAR
PENGESAHAN ......................................................................i
|
|||||||||||
KATA
PENGANTAR .............................................................................ii
|
|||||||||||
DAFTAR
ISI ..................................................................................
.......iii
|
|||||||||||
BAB I
|
PENDAHULUAN
.................................................................
|
1
|
|||||||||
A.
|
Latar
Belakang ...............................................................
|
1
|
|||||||||
B.
|
Tujuan
............................................................................
|
4
|
|||||||||
C.
|
Hasil
yang diharapkan ..................................................
|
5
|
|||||||||
BAB II
|
KONDISI NYATA SEKOLAH MAGANG
.......................
|
6
|
|||||||||
A.
|
Kondisi
nyata SDN Cimayang 01 .................................
|
6
|
|||||||||
B.
|
Kondisi
nyata SDN Cimayang 02 ................................
|
17
|
|||||||||
BAB III
|
PELAKSANAAN RENCANA TINDAK LANJUT ...........
|
27
|
|||||||||
A.
|
Pelaksanaan
Rencana Tindak Kepemimpinan ...............
|
27
|
|||||||||
1.
|
Siklus
Pertama .....................................................
|
27
|
|||||||||
a.
|
Persiapan
.......................................................
|
27
|
|||||||||
b.
|
Pelaksanaan
...................................................
|
27
|
|||||||||
c.
|
Monitoring
dan Evaluasi ...............................
|
28
|
|||||||||
d.
|
Refleksi
.........................................................
|
28
|
|||||||||
2.
|
Siklus
Kedua ........................................................
|
30
|
|||||||||
a.
|
Persiapan
.......................................................
|
30
|
|||||||||
b.
|
Pelaksanaan
...................................................
|
31
|
|||||||||
c.
|
Monitoring
dan Evaluasi ...............................
|
31
|
|||||||||
d.
|
Refleksi
.........................................................
|
31
|
|||||||||
B.
|
Supervisi
Guru Junior ....................................................
|
33
|
|||||||||
1.
|
Siklus
Pertama .....................................................
|
34
|
|||||||||
a.
|
Perencanaan
..................................................
|
34
|
|||||||||
b.
|
Pelaksanaan
...................................................
|
34
|
|||||||||
1.
|
Pra
Observasi ........................................
|
35
|
|||||||||
2.
|
Observasi
...............................................
|
35
|
|||||||||
3.
|
Pasca
Observasi .....................................
|
36
|
|||||||||
c.
|
Tindak
Lanjut dan Hasil ................................
|
36
|
|||||||||
2.
|
Siklus
Kedua ........................................................
|
37
|
|||||||||
a.
|
Perencanaan
..................................................
|
37
|
|||||||||
b.
|
Pelaksanaan
..................................................
|
37
|
|||||||||
1.
|
Pra
Observasi .......................................
|
37
|
|||||||||
2.
|
Observasi
..............................................
|
38
|
|||||||||
3.
|
Pasca
Observasi ...................................
|
38
|
|||||||||
c.
|
Tindak
Lanjut dan Hasil ...............................
|
38
|
|||||||||
C.
|
Penyusunan
Perangkat Pembelajaran ............................
|
39
|
|||||||||
1.
|
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran .....................
|
39
|
|||||||||
2.
|
Bahan
Ajar ............................................................
|
42
|
|||||||||
3.
|
Instrumen
Penilaian ..............................................
|
44
|
|||||||||
D.
|
Pengkajian
Aspek Manajerial .......................................
|
44
|
|||||||||
1.
|
Kajian
RKS ...........................................................
|
45
|
|||||||||
2.
|
Kajian
Pengelola Keuangan ..................................
|
46
|
|||||||||
3.
|
Kajian
Pengelolaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
........................................................
|
47
|
|||||||||
4.
|
Kajian
Pengelolaan Ketatausahaan Sekolah .........
|
48
|
|||||||||
5.
|
Kajian
Pengelolaan Sarana dan Prasarana ............
|
48
|
|||||||||
6.
|
Kajian
Pengelolaan Kurikulum .............................
|
49
|
|||||||||
7.
|
Kajian
Pembinaan Peserta Didik ..........................
|
49
|
|||||||||
8.
|
Kajian
Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran .....
|
50
|
|||||||||
9
|
Kajian
Monitoring dan Evaluasi ...........................
|
51
|
|||||||||
E
|
Upaya
peningkatan AKPK di Sekolah magang-2
(SDN Cimayang 02) ...................................
|
51
|
|||||||||
BAB IV
|
PENUTUP ..............................................................................
|
56
|
|||||||||
A.
|
Kesimpuilan
....................................................................
|
56
|
|||||||||
B.
|
Saran-saran
.....................................................................
|
56
|
|||||||||
Lampiran :
1. Rencana
Tindak Kepemimpinan (RTK)
a. Hasil
AKPK
b. Jadwal RTL
c. Matriks RTK
d. Program kegiatan
e. SK Panitiaan
f. Daftar hadir
g. Instrument
monev
h. Instrument
penilaian
i.
Hasil kegiatan peserta
j.
Dokumentasi
2. Supervisi
Guru Junior
a. Panduan
Program Supervisi
b. Instrument
telaah RPP
c. Instrument
observasi
d. Instrument
pasca observasi
e. Instrument
tindak lanjut
f. RPP
guru yunior
g. Dokumentasi
3. Penyusunan
Perangkat Pembelajaran
a. Menyusun
silabus satu KD
b. Menyusun
RPP satu KD
c. Menyusun
Bahan Ajar satu KD
d. Menyususn
Instrumen Penilaian satu KD
4. Kajian 9 Aspek Manajerial
a. Matrik
kajian 9 aspek manajerial
b. RKS
(copy hal judul, lembar pengesahan dan daftar isi)
c. Kurikulum
(copy hal judul, lembar pengesahan dan daftar isi)
d. Contoh
laporan keungan satu kegiatan
e. Pendidik
danTenaga Kependidikan (copy profil sekolah)
f. Peserta
didik (copy SK PPDB)
g. Pemanfaatan
TIK dalm pembelajaran (contoh pembelajaran yg menggunakan TIK)
h. Monev
(copy laporan satu kegiatan monev)
i. Dokumentasi
5.
Peningkatan
Kompetensi Berdasarkan Hasil AKPK yg Kurang di Sekolah Lain
a. Pedoman
Kegiatan
b. Intrumen
wawancara
c. Dokumentasi
Kegiatan
6. Kegiatan – kegiatan yang lain relevan
a. Daftar
hadir Pesetrta OJL
b. Jurnal
kegiatan selama kegiatan OJL
c. Lain-lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar