Senin, 20 Februari 2017

kata pengantar dan daftar isi

LAPORAN ON THE JOB LEARNING (OJL)

Disusun sebagai laporan akhir kegiatan On The Job Learning  pada Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah
Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat
Periode: 3 Agustus s/d 31 Oktober 2016




 


















                                    Nama : ENDANG, S.Pd.Sd
                                    NIP                 : 196406141986101002
                                    Unit Kerja     : SDN CIMAYANG 01








PROGRAM PENYIAPAN CALON KEPALA SEKOLAH
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BOGOR
PROVINSI JAWA BARAT
2016

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan  , hidayah, serta petunjuk-Nya Laporan On The Job Learning (OJL) yang berjudul “ Meningkatkan Kemapuan Guru dalam Menyusun RPP Melalui In House Training (IHT) di SDN Cimayang 01 “ .Alhamdulilah dapat diselesaikan.
Dalam kesempatan ini perkenankanlah saya menyapaikan terima kasih kepada pihak yang telah memberikan kontribusi menyampaikan On The Job Learning (OJL)  ini diantaranya :
1.        Kepala SDN Cimayang 01
2.        Kepala SDN Cimayang 02
3.        Kepala Dinas Kecamatan Pamijahan
4.        Kepada Bpk.Sutar, M.Pd.Si, Bpk. Drs.Agus Riyanto, Bpk.Amas sutisna, S.Pd, M.M.Pd sebagai pembimbing
5.        Berbagai pihak yang terkait
Akhirnya calon kepala sekolah berharap, laporan On The Job Learning (OJL) dapat bermanfaat khususnya bagi calon kepala sekolah, peningkatan proses pembelajaran di sekolah pada umumnya.
                                                                        Bogor, 31 Oktober 2016
                                                            Calon Kepala Sekolah




ENDANG, S.Pd.SD
NIP. 196406141986101002
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN ......................................................................i

KATA PENGANTAR .............................................................................ii

DAFTAR ISI .................................................................................. .......iii

BAB I
PENDAHULUAN .................................................................
1

A.
Latar Belakang ...............................................................
1

B.
Tujuan ............................................................................
4

C.
Hasil yang diharapkan ..................................................
5
BAB II
KONDISI NYATA SEKOLAH MAGANG .......................
6

A.
Kondisi nyata SDN Cimayang 01 .................................
6

B.
Kondisi nyata SDN Cimayang 02  ................................
17
BAB III
PELAKSANAAN RENCANA TINDAK LANJUT ...........
27

A.
Pelaksanaan Rencana Tindak Kepemimpinan ...............
27


1.
Siklus Pertama .....................................................
27



a.
Persiapan .......................................................
27



b.
Pelaksanaan ...................................................
27



c.
Monitoring dan Evaluasi ...............................
28



d.
Refleksi .........................................................
28


2.
Siklus Kedua ........................................................
30



a.
Persiapan .......................................................
30



b.
Pelaksanaan ...................................................
31



c.
Monitoring dan Evaluasi ...............................
31



d.
Refleksi .........................................................
31

B.
Supervisi Guru Junior ....................................................
33


1.
Siklus Pertama .....................................................
34



a.
Perencanaan ..................................................
34



b.
Pelaksanaan ...................................................
34




1.
Pra Observasi ........................................
35




2.
Observasi ...............................................
35




3.
Pasca Observasi .....................................
36



c.
Tindak Lanjut dan Hasil ................................
36


2.
Siklus Kedua ........................................................
37



a.
Perencanaan ..................................................
37



b.
Pelaksanaan ..................................................
37




1.
Pra Observasi .......................................
37




2.
Observasi ..............................................
38




3.
Pasca Observasi ...................................
38



c.
Tindak Lanjut dan Hasil ...............................
38

C.
Penyusunan Perangkat Pembelajaran ............................
39


1.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran .....................
39


2.
Bahan Ajar ............................................................
42


3.
Instrumen Penilaian ..............................................
44

D.
Pengkajian Aspek Manajerial  .......................................
44


1.
Kajian RKS ...........................................................
45


2.
Kajian Pengelola Keuangan ..................................
46


3.
Kajian Pengelolaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan ........................................................

47


4.
Kajian Pengelolaan Ketatausahaan Sekolah .........
48


5.
Kajian Pengelolaan Sarana dan Prasarana ............
48


6.
Kajian Pengelolaan Kurikulum .............................
49


7.
Kajian Pembinaan Peserta Didik ..........................
49


8.
Kajian Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran .....
50


9
Kajian Monitoring dan Evaluasi ...........................
51

E
Upaya peningkatan AKPK di Sekolah magang-2
 (SDN Cimayang 02)  ...................................

51
BAB IV
PENUTUP ..............................................................................
56

A.
Kesimpuilan ....................................................................
56

B.
Saran-saran .....................................................................
56


Lampiran :
1.      Rencana Tindak Kepemimpinan (RTK)
a.       Hasil AKPK
b.      Jadwal RTL
c.       Matriks RTK
d.      Program kegiatan
e.       SK Panitiaan
f.       Daftar hadir
g.      Instrument monev
h.      Instrument penilaian
i.        Hasil kegiatan peserta
j.        Dokumentasi
2.      Supervisi Guru Junior
a.       Panduan Program Supervisi
b.      Instrument telaah RPP
c.       Instrument observasi
d.      Instrument pasca observasi
e.       Instrument tindak lanjut
f.       RPP guru yunior
g.      Dokumentasi
3.      Penyusunan Perangkat Pembelajaran
a.       Menyusun silabus satu KD
b.      Menyusun RPP satu KD
c.       Menyusun Bahan Ajar satu KD
d.      Menyususn Instrumen Penilaian satu KD
4.      Kajian  9 Aspek Manajerial
a.    Matrik kajian 9 aspek manajerial
b.    RKS (copy hal judul, lembar pengesahan dan daftar isi)
c.    Kurikulum (copy hal judul, lembar pengesahan dan daftar isi)
d.   Contoh laporan keungan satu kegiatan
e.    Pendidik danTenaga Kependidikan (copy profil sekolah)
f.     Peserta didik (copy SK PPDB)
g.    Pemanfaatan TIK dalm pembelajaran (contoh pembelajaran yg menggunakan TIK)
h.    Monev (copy laporan satu kegiatan monev)
i.      Dokumentasi
5.      Peningkatan Kompetensi Berdasarkan Hasil AKPK yg Kurang di Sekolah Lain
a.       Pedoman Kegiatan
b.      Intrumen wawancara
c.       Dokumentasi Kegiatan
6.      Kegiatan – kegiatan yang lain relevan
a.       Daftar hadir Pesetrta OJL
b.      Jurnal kegiatan selama kegiatan  OJL

c.       Lain-lain

Tidak ada komentar: